Panduan Perbaikan Situs yang Diretas dari Google

Google telah meluncurkan sebuah situs yang dinamakan "Help for Hacked Sites". Melalui situs ini, pengguna dapat memperoleh berbagai cara mudah untuk memperbaiki situs yang telah menjadi korban hacker (peretas).

Dalam situs tersebut, Google menjelaskan, melalui video dan juga artikel, bagaimana dan mengapa sebuah situs dapat diretas. Selain itu, perusahaan raksasa internet ini juga memaparkan berbagai cara singkat yang dapat ditempuh untuk memulihkan dan memperbaiki sebuah situs.

Dikutip dari The Verge, Jumat (15/3/2013), Google sadar benar, tidak semua pengakses situs ini mengerti hal-hal teknis. Oleh karena itu, Google memberi berbagai penjelasan singkat mengenai apa sebenarnya hacking tersebut dan mereka dapat menyewa seseorang untuk memperbaiki situs untuk mereka.

Dengan adanya situs panduan ini, Google berharap situs yang terkenal "label peringatan" dari mereka akan berkurang. Sebagai catatan, Google selalu memberikan label peringatan bagi situs yang dicurigai bermasalah. Label peringatan tersebut dapat ditemukan di halaman pencarian Google Search, biasanya ada di bawah alamat situs. Contohnya dapat Anda temukan di gambar berikut ini.

Panduan Perbaikan Situs yang Diretas dari GoogleGoogle

Selain itu, Google juga memberikan beberapa instruksi bagaimana cara sebuah situs di-review, agar label peringatan tersebut dapat ditarik.

Situs panduan ini merupakan "jawaban" Google atas serangkaian serangan cyber yang menimpa situs-situs AS. Beberapa waktu lalu, situs-situs, seperti Facebook, Microsoft, Twitter, dan Apple, telah menjadi korban serangan peretas.

Situs baru Google ini tampaknya juga hadir sebagai pencegahan dan untuk meningkatkan kesadaran para pemilik situs akan bahaya peretas.



March 17, 2013

4 komentar:


loading...