Lima Ancaman Penyakit Saat Kita Kurang Tidur



Tidur ideal tak kurang dari 7-8 jam tiap malamnya bagi setiap orang. Namun, apakah ada dampak negatif yang bakal didapatkan jika kita tidur kurang dari jam ideal tidur tersebut?

Berikut lima ancaman penyakit atau gejala yang mungkin didera tubuh kita bila kita tak melampaui waktu ideal tidur yang berlaku.

1. Rentan Terhadap Penyakit Jantung

Bila Anda kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon stres lebih banyak dan zat-zat lain yang meningkatkan peradangan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Berkembangnya Diabetes

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, mereka yang memeroleh kurang dari lima jam tidur per malam memiliki 2,5 kali risiko terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidur 7-8 jam. Alasannya, pengurangan jam tidur secara signifikan mengurangi kemampuan Anda untuk mengatur kadar gula darah.

3. Emosi Tidak Stabil

Para ilmuwan telah menemukan bahwa kurang tidur membuat amigdala (bagian dari otak yang memproses emosional) masuk korteks prefrontal (bagian dari otak yang mengatur penalaran) dan menjadi tidak aktif, membuat mood Anda kurang stabil dari biasanya.

4. Rentan Terhadap Penyakit

Saat tidur, tubuh Anda memproduksi sitokin, zat kimia yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan penyakit. Tidur tidak hanya mempengaruhi seberapa baik tubuh Anda melawan infeksi, tetapi juga menentukan seberapa baik tubuh memroduksi antibodi setelah vaksinasi. 

5. Kegemukan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan kurang dari tujuh jam tidur malam cenderung 30 persen menjadi lebih gemuk. Kurang tidur mengubah aliran hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang, yang dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak. (popular)



March 12, 2013

4 komentar:

  1. artikel keren banget gan sangat membantu saya http://vautsanxplanvrends.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Waduh bahaya juga ya :(
    Kunbalnya gan :D
    www.mora-cyber4rt.blogspot.com/p/jasa-pembuatan-blog-langsung-pakai-murah.html

    ReplyDelete


loading...