Gara-Gara Game, Sekeluarga Hampir Bangkrut



Awasi anak-anak setiap kali bermain dengan smartphone. Seorang bocah bangkrut akibat bermain game di smartphonenya.
Seperti yang dilansir oleh Ubergizmo (14/3), game freemium (gratis tapi berbayar), memang sangat menjebak siapa saja yang memainkannya. Meskipun gratis dimainkan, game ini mewajibkan pemainnya untuk membeli benda virtual agar game tersebut bisa semakin asyik dimainkan.
Rupanya jebakan tersebut efektif juga untuk seorang anak berusia 8 tahun bernama Theo Rowland-Fry dari Bristol, Inggris. Akibat membeli benda virtual di salah satu game, keluargannya pun harus menanggung utang cukup besar.
Adapun game yang dia mainkan adalah The Simpsons: Tapped Out yang bisa dimainkan lewat iPad. Game ini menawarkan pemainnya untuk membeli donat virtual agar permainan lebih seru.
Alhasil, Theo yang belum mengetahui susahnya mencari uang pun membelanjakan USD 1460 atau setara dengan Rp 14 juta untuk membeli donat tersebut. Tagihan ini pun langsung dialamatkan ke rekening orang tuanya dan membuat mereka terkejut.
Ayah Theo menyebutkan bahwa tagihan yang diterimanya berasal dari pembelian 100 benda virtual lewat iTunes. Adapun benda tersebut harganya bervariasi hingga USD 112 atau setara dengan Rp 1,08 juta per unitnya.
Untungnya, pihak Apple sebagai penjual mau memaklumi hal ini. Karena melihat Theo yang masih polos dan belum mengetahui dampak akibat membeli benda tersebut, tagihan belasan juta rupiah ini pun diputihkan.
Belajar dari kasus Theo dan iPadnya di atas, nampaknya Anda yang sudah memiliki anak seumuran Theo harus berhati-hati. Terutama, ketika mereka sudah bermain dengan perangkat pintarnya masing-masing.

sumber : merdeka.com



March 15, 2013

0 komentar:

Post a Comment