Cara Mengetahui Penyakit Stroke Melalui SMS

Cara menulis dan mengirim SMS ternyata bisa digunakan sebagai alat penting mendeteksi risiko stroke fatal. Peneliti menemukan bahwa penulisan pesan singkat yang kacau bisa menunjukkan risiko stroke, bahkan jika orang tersebut bisa berbicara dan menulis dengan normal.

Peneliti dari Henry Ford Hospital, Detroit menemukan ini setelah mengamati kasus pria berusia 40 tahun yang dicurigai memiliki stroke. Pria ini bisa berbicara dan menulis dengan normal, namun tak bisa mengetahui bahwa pesan yang dikirimkan kacau.

Pria ini tak memiliki masalah bahkan ketika melewati tes bahasa seperti berbicara, membaca, dan menulis. Meski begitu, ketika dia mengirim pesan, dia mengirim kalimat yang kacau dan tak bisa menyadarinya.

Cara Mengetahui Penyakit Stroke Melalui SMS
Ilustrasi mengirim pesan. ©Shutterstock.com/Lasse Kristensen

Meski hanya menunjukkan sedikit ketidaksimetrisan pada bagian wajah tanpa pertanda lainnya, dokter berhasil menemukan bahwa pria ini mengalami stroke akut setelah menemukan sumbatan aliran darah pada otak.

Pria ini mengirim pesan pada istrinya sebelum berangkat ke rumah sakit. Teks yang dikirimkannya sangat acak, bahkan tak bisa disebut sebagai kalimat, seperti dilansir olehDaily Mail (14/03).

Hal ini menunjukkan pada peneliti bahwa mengirim pesan bisa menunjukkan bahwa menulis SMS bisa dijadikan cara untuk mendeteksi adanya risiko stroke fatal.

Sumber : merdeka.com

Post a Comment


Previous Post Next Post

Contact Form