Aplikasi Gratis Untuk iOS Lebih Berbahaya Dibanding Android

Baik di Google Play, iTunes App Store atau juga di tempat lain, banyak aplikasi untuk perangkat Android dan iOS diciptakan oleh pengembang. Namun, menurut penelitian, aplikasi kategori gratis untuk iOS lebih berbahaya dibanding yang untuk Android.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Appthority dan dikutip oleh Pocket Now (06/03) mengatakan bahwa tingkat resiko aplikasi gratis untuk iOS lebih berbahaya dibandingkan dengan aplikasi untuk Android.

Dalam penelitiannya, Appthority mencermati perilaku penggunaan para pemakai gadget berbasis Android dan iOS. Memang aplikasi gratis untuk kedua operating system tersebut sama-sama memiliki risiko, namun aplikasi gratis untuk iOS lebih tinggi tingkat bahayanya.

Risiko terebut dikarenakan ketika aplikasi untuk iOS mulai terhubung dengan server, tidak ada aktivitas enkripsi data sehingga mudah saja bagi para cybercriminal untuk menyelinap masuk dan mengambil data pengguna perangkat tersebut.

Dibandingkan dengan Android, operating system milik Google masih melakukan tahapan-tahapan khusus sebelum perangkat pengguna terhubung dengan server. Akan muncul notifikasi berupa izin sebelum aktivitas lebih lanjut.

Untuk itu, disarankan untuk lebih selektif lagi dalam pengunduhan dan pemakaian aplikasi gratisan yang ditawarkan. Tidak semua aplikasi gratisan buruk begitu juga sebaliknya.

Semuanya tergantung bagaimana sang pengguna mobile melakukan 'investigasi' terlebih dahulu sebelum mengunduh dan memakai aplikasi gratis untuk perangkat mobilenya.





Sumber : merdeka.com



March 08, 2013

0 komentar:

Post a Comment


loading...