Marah, Pria Mesir Lempar Ahmadinejad dengan Sepatu


Presiden Ahmadinejad dilindungi pengawalnya (Foto: Reuters)
Presiden Ahmadinejad dilindungi pengawalnya (Foto: Reuters)
KAIRO – Seorang pria mengamuk dan berusaha menyerang Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, yang sedang berkunjung ke sebuah masjid di Mesir. Pria itu pun berusaha melempar sepatu ke arah Ahmadinejad walaupun lemparannya itu meleset dari sasaran.

Ahmadinejad mengunjungi Masjid al-Hussein di Kota Kairo sebagai bagian dari agenda kunjungan bersejarahnya ke Mesir. Ahmadinejad adalah Presiden Iran pertama yang berkunjung ke Mesir sejak 34 tahun yang lalu. Demikian diberitakan BBC, Rabu (6/2/2013).

Insiden itu terjadi ketika Ahmadinejad sudah ingin pergi meninggalkan masjid. Ketika ia beranjak dari lokasi masjid tiba-tiba saja seorang pria tidak dikenal muncul dari kerumunan dan berusaha menyerangnya.

Saksi mata mengatakan, pria tersebut meneriaki Ahmadinejad dan menyebutnya sebagai pengecut. Ia juga mengejek dan mendorong petugas penjaga keamanan yang langsung sigap menjaga Presiden Iran itu.

Sebagian pengamat menduga pria yang berusaha menyerang Ahmadinejad itu adalah seorang warga Suriah. Dugaan itu muncul karena pria tersebut berbicara dengan logat yang khas dimiliki oleh penduduk Suriah.

Kedatangan Ahmadinejad ke Mesir memang banyak mendapatkan kecaman dari warga Mesir. Mereka mengecam campur tangan Iran dalam konflik Suriah dan aksi anti pemerintah di Bahrain.

Kritik serupa juga dikeluarkan oleh ulama berpengaruh Universitas al-Azhar, Ahmed al-Tayyeb saat dia bertemu dengan Ahmadinejad. Tayyeb mengatakan, Iran sebagai negara Syiah tidak perlu ikut campur dalam urusan politik di negara-negara Arab yang mayoritasnya berpenduduk Sunni.




sumber : http://international.okezone.com/read/2013/02/06/412/757733/ngamuk-pria-mesir-lempar-ahmadinejad-dengan-sepatu



February 06, 2013

0 komentar:

Post a Comment


loading...