Tidak Lama Lagi Nonton Video di YouTube Harus Bayar

Sepertinya, beberapa video yang diunggah di YouTube tidak akan dapat ditonton secara gratis lagi. YouTube rencanakan sistem berbayar untuk beberapa video di situs mereka.

Seperti diungkap Daily Dot (29/01), YouTube akan merilis sistem berbayar untukbeberapa video yang masuk dalam kategori serial dan juga yang memiliki rating tinggi.

Rencananya, sistem berbayar tersebut akan digulirkan sekitar awal musim semi tahun ini atau sekitar bulan Maret sampai April depan. Untuk masalah pembayarannya, ada kabar yang mengatakan bahwa untuk berlangganan video berbayar atau dalam kategori premium, pengguna YouTube dikenakan tarif sebesar USD 1 sampai 5 per bulannya.

Tidak Lama Lagi Nonton Video di YouTube Harus BayarSebenarnya, ide berbayar ini sudah ada dan akan direalisasikan pada bulan Februari 2012 lalu. Dikarenakan suatu hal maka pihak YouTube mengundurnya dan akan menggulirkannya pada tahun ini.

Memang akan memunculkan pro dan kontra akan sistem berbayar ini, namun pihak YouTube mengatakan bahwa sistem ini dibuat juga untuk memberikan royalti kepada pihak atau perusahaan pemilik video tersebut.

Dan lagi, saat ini banyak TV kabel atau juga Smart TV yang telah menawarkan bundle atau paket yang di dalamnya telah ada fitur untuk menonton video di YouTube. 

Hal tersebut juga merupakan salah satu alasan kenapa YouTube ingin menggulirkan rencana sistem berbayar ini agar perusahaan milik Google ini dapat menarik keuntungan dari para perusahaan pencipta Smart TV atau pihak TV kabel yang telah menggunakan layanan mereka tersebut.

Sayangnya, sampai saat ini Google maupun YouTube belum berkenan memberikan penjelasan seputar sistem berbayar ini.



Sumber : Merdeka



January 31, 2013

0 komentar:

Post a Comment