Luar Biasa, Gigi Ompong Simbol Kejantanan Pria Afrika

Jarang sekali ditemukan sebuah tren fashion dapat bertahan hingga 60 tahunan lebih. Tetapi, sebuah tren modifikasi gigi di kalangan generasi muda di Cape Town dan daerah lain di Afrika Selatan ini masih sangat digemari hingga kini. 

Tren mencabuti gigi depan menjadi tradisi yang diminati banyak pria di Afrika Selatan. Pasalnya, tampilan gigi depan yang ompong membuat pria merasa lebih tampan dan macho. Apalagi jika dipadupadankan dengan sweater baggy dan topi yang ditarik rendah serta kacamata.

"Inilah fashion. Bahkan semua orang telah melakukannya," ungkap Yazeed Adams, 21, sebagaimana dilansir Odditycentral (29/1).
Gigi Ompong Simbol Kejantanan Pria Afrika
Trend pria Afrika. Dok. Gettyimages
Untuk mencari tahu asal-usul dari tren unik yang disebut Cape Flats Smile ini, seorang peneliti dari University of Cape Town, Jacqui Friedling, mempelajari fenomena tersebut pada tahun 2003 silam. Ia menemukan bahwa tren fashion ini dilatarbelakangi tekanan dari teman sebaya, alasan medis, dan praktik gangster di Afrika.

Secara tradisional, modifikasi gigi hanya dilakukan oleh suku pedalaman. Di Cape Town yang notabene kota modern, hal ini dinilai sebagai suatu ritus peralihan untuk remaja, terutama yang berasal dari keluarga miskin. Namun, konon tradisi ini dimulai dari nelayan, yang tidak bisa berkomunikasi satu sama lain di kapal. Maka, mereka pun menciptakan sebuah 'peluit gap' sebagai sarana komunikasi yang efektif.



Sumber : Merdeka



January 31, 2013

2 komentar: