Acer Liquid Z110 Duo, Dual Sim, Spesifikasi Minim

Dulu fitur Dual Sim mungkin banyak digunakan pada feature phone, namun saat ini mulai ada di smartphone. Uniknya tidak hanya vendor lokal yang memasukan fitur ini didalam smartphonenya. Namun vendor global juga sudah mulai membenamkan fitur ini. Salah satunya Acer pada produk barunya yang diberinama Liquid Z110 Duo. Apalagi kelebihkannya?


Desain

Dimensi: 110 x 61.5 x 12.3 mm, 100 gram; 

Seperti pendahulunya Liquid E dan Liquid Mini, Liquid Z hadir dengan desain khas smartphone Acer. Memiliki dua lekukan di sisi atas dan bawah layar ponsel.








Namun kini Acer meninggalkan tombol sentuh search didepan, sehingga hanya membawa 3 tombol sentuh dibawah layar.

Acer Liquie seri Z110 Duo memiliki bodi yang terbilang bongsor, tidak hanya tebal teapi juga dimensinya memiliki panjang dan lebar yang bisa didilang tidak kecil.












Liquid Z ini dilengkapi dengan layar Full touchscreen, memiliki material plastik, Ia dipersenjatai dengan tombol power/lock dan port audio jack 3.5mm pada bagian atas. Tombol volume rocker disebelak kanan sedangkan port microUSB berada dibawah. Dibagian belakang Acer menempatkan kamera tanpa lampu flash dan lubang grid speaker yang berada dibawahnya.


Display 

Layar sentuh TFT kapasitif, 256 ribu warna, 320 x 480 piksel, 3.5 inches (~165 ppi pixel density), multi touch

Di sektor layar Liqud Z tidak memiliki kemampuan yang istimewa, karena Ia hanya dibekali dengan panel layar standar TFT dengan kedalaman warna sebatas 256 ribu warna.






Resolusi pun hanya HVGA yang dimiliki juga boleh dikatakan sebagai batas bawah resolusi layar smartphone masa kini. Dengan layar seluas 3.5 inci, Liquid Z memiliki tingkat kerapatan piksel yang terbilang renggang sehingga gambar yang tertampil kurang tajam.


OS dan UI

Android OS, v2.3.6 (Gingerbread)

Jika yang lainnya sudah menggunakan Android Versi ICS, Acer malah masih berkutat pada versi Gingerbread, hal ini dinilai salah satu sebagai kekurangannya, Meski Acer mendandaninya Interface Liquid Z dengan UI khusus. Namun setidaknya ini memperkuat identitas sekaligus mempersonalisasi pengalaman penggunaan Android pada ponsel ini.




Dengan interface ini Liquid Z hanya menyajikan lockscreen, homescreen dan ikon dengan standar Gingerbread. Yang membedakan hanyalah pada notification tray yang menampilkan sejumlah easy toggle untuk mengontrol fitur seperti wifi, Bluetooth, GPS dan sebagainya.
















Hardware

Prosesor 1GHz, MTK MT6575M, PowerVR SGX 531 GPU, 512 MB RAM, 512 MB ROM, external: microSD hingga 32GB, baterai Li-Ion 1300mAh

Acer tidak mamasang prosesor berinti ganda (dual core)pada ponsel ini. Akan tetapi hanya dimodali dengan prosesor single core. Liquid Z menggunakan chipset besutan MTK yang dikenal banyak digunakan oleh produk ponsel lokal pada ponsel kelas pemula.









Menggunakan kapasitas memori internal ponsel yang tidak besar, mengharuskan Anda untuk memasukan memori eksternal dengan menggunakan kartu memori MicroSD. Tidak hanya itu ketidaktersediaan memori pada paket penjualan, menjadi biaya tambahan buat Anda karena harus menggunakan memori eksternal.


Dual SIM

Dual ON; Mini SIM; GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (SIM 1 & 2); HSDPA 2100 (SIM 1)

Seperti yang kami kelaskan ditas bahwa Liquid Z memiliki keunggulan pada kemampuan dual SIM. Penggunaan fitur ini bisa dilihat pada menu Setting> SIM management, dimana pengguna dapat menentukan SIM mana yang digunakan untuk menelpon, mengirim pesan SMS atau terhubung ke internet.









Sayangnya sambungan data seluler pada Liquid Z hanya mendukung sambungan 3G pada salah satu kartu saja.








Konektifitas dan Browser

GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA, WLAN, Bluetooth, microUSB v2.0, USB Tethering, Portable hotspot; HTML browser

Untuk pilihan koneksi, selain jaringan 3G pada salah satu slotnyam Liquid Z juga membenamkan jalur koneksi seperti wifi bisa digunakan untuk tersambung ke internet atau pengguna juga bisa menghubungkan ponsel ke komputer melalui kabel data.



Untungnnya browser bawaan Android tergolong baik dalam memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna akan sebuah mobile browser. Pengguna bisa mengunjungi hingga 8 halaman situs dalam waktu bersamaan berkat ketersediaan fitur multi tab browsing atau berbagi halaman situs favorit melalui pilihan share page.








Sayangnya browser ini tidak mendukung Flash player sehingga pengguna tidak akan dapat memaksimalkan situs favorit yang mengandung konten berbasis flash.



Kamera 

3.15 MP, 2048x1536 piksel; Geo-tagging; Perekam video FWVGA; kamera sekunder: -

Liquid Z punya resolusi kamera yang terbilang besarannya standart. Dengan kamera ini pengguna dapat menggunakan beberapa fasilitas seperti pilihan smile shot, burst shot dan panorama disamping tentunya pilihan mode normal. Untuk berkreasi, tersedia 6 pilihan efek warna yang terlihat tidak menarik.





















Hasil foto menynjukan bahwa kemampuan kamera masih terbilang baik. Selain warna yang dihasilkan juga naturan dan sesuai dengan warna asli kecerahan yang dihasilkan juga cukup mumpuni. Begitu juga pada tingkat ketajaman gambar yang terbilang tajam.

Sektor kamera juga menjadi alasan mengapa pengguna harus segera mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli kartu memori bagi Liquid Z. Karena tanpa tambahan kartu memori yang notabene tidak disediakan pada paket penjualan, pengguna tidak dapat menggunakan kamera Liquid Z untuk memotert ataupun merekam video.


Hasil Kamera





Benchmark

Aplikasi yang digunakan: Quadrant Standard Edition oleh Aurora Softwork dan Antutu Benchmark v3.0.2 oleh Antutu

Pada hasil pengujian yang PULSA lakukan dengan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark ponsel ini menghasilkan skor 5671, sementara ketika diuji menggunakan aplikasi Quadrant, nilai yang diberikan adalah 1690, sekaligus menempatkan ponsel ini di dasar bagan yang tertampil.







Kelebihan
• Harga relatif murah
• Dual SIM


Kekurangan
Android masih Gingerbread
• Tanpa kamera depan
• Spesifikasi tanggung


Kesimpulan

Meski murah sayang Acer tidak membawa kelengkapan yang bawah standar. Ponsel ini seolah tidak membawa kelengkapan yang powerfull. Namun jika kemampuan dual SIM sudah cukup, sebaiknya pikir kembali. sebab masih banyak pilihan dari brand lokal dengan spesifikasi lebih tinggi, fitur lebih variatif atau harga yang lebih murah.



December 31, 2012

0 komentar:

Post a Comment