Ada Bukti Baru, Serangan 9/11 Sudah Diketahui Bush


Serangan terhadap menara kembar WTC (Foto: AP)
Serangan terhadap menara kembar WTC (Foto: AP)

WASHINGTON - Serangan 11 September 2001 terjadi 11 tahun lalu. Tetapi hingga saat ini masih banyak pertanyaan di balik peristiwa itu. Ada bukti baru baru mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush sudah menerima uraian akan adanya serangan sebelum insiden 9/11 tersebut.
 
Pada 6 Agustus 2001, Bush saat itu mendapatkan uraian rahasia mengenai ancaman dari Osama bin Laden dan jaringan terorisnya, Al Qaeda. Pada pagi itu, Bush mendapatkan laporan pagi harian dari CIA yang bertajuk: "Bin Laden Bermaksud untuk Menyerang AS." Beberapa minggu kemudian, serangan Al Qaeda itu terbukti. Demikian diberitakan The New York Times, Selasa (11/9/2012).

Laporan mengenai uraian tersebut disanggah oleh pihak Bush pada 10 April 2004, ketika dirinya dihadapkan pada komisi 9/11 yang menyelidiki kejadian penyerangan. Pejabat AS saat itu menolak dokumen yang menunjukkan adanya uraian tersebut. Mereka menilai dokumen tersebut hanya sejarah Al Qaeda bukan peringatan atas serangan. 

Peringatan langsung kepada Bush mengenai kemungkinan serangan Al Qaeda, sudah dimulai sejak musim semi 2001. Pada 1 Mei 2001, Dinas Intelijen AS (CIA) mengatakan, "sebuah kelompok yang saat ini berada di Amerika Serikat tengah berencana melakukan serangan teror."

Satu pekan kemudian, pada 22 Juni, datang laporan baru yang menyebutkan serangan Al Qaeda sudah sangat dekat. Tetapi hal ini diacuhkan meskipun waktunya sudah dipastikan.

Namun beberapa pihak di Pemerintahan Bush menganggap peringatan itu hanyalah gertakan. Kalangan yang dekat dengan Bush justru mengatakan kepada Gedung Putih bahwa CIA telah ditipu. Menurut mereka, Bin Laden hanya ingin berpura-pura melakukan serangan guna mengalihkan perhatian Pemerintah AS terhadap Saddam Hussein.

Sebagai respons, CIA mempersiapkan analisis yang mendesak Gedung Putih untuk menerima peringatan ancaman bahaya dari Bin Laden dan ancaman itu adalah benar adanya. Tetapi pada akhirnya, Bush beserta pejabat-pejabatnya gagal mengambil aksi signifikan mencegah serangan Bin Laden dan peristiwa 11 September 2001 terjadi hingga menewaskan sekira 3 ribu jiwa.





September 12, 2012

0 komentar:

Post a Comment


loading...