5 Kota Hijau di Dunia

Rasanya menyenangkan bila setiap hari bisa menghirup udara segar dari pepohonan di sekitar kita. Lalu berjalan menyusuri jalanan perkotaan tanpa kuatir akan polusi udara yang mengancam kesehatan paru-paru.

Di beberapa negara, kesadaran untuk melangkah ke konsep hijau sudah dimulai dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Negara-negara ini memikirkan konsep kota yang hijau sebagai tujuan jangka panjang untuk mengurangi efek panas bumi.

Berikut ini lima kota di lima negara yang menerapkan konsep eco-living:

1. Reykjavik, Islandia

5 Kota Hijau di Dunia

Kota ini memanfaatkan sepenuhnya pada energi hijau, seperti panas bumi dan pembangkit listrik tenaga air. Di sini, mereka menggunakan hidrogen untuk sistem transit bis, dan termotivasi untuk menjadikan Eropa sebagai benua terbersih di dunia.


2. Portland, Oregon, Amerika Serikat

5 Kota Hijau di Dunia

Meski kota-kota di Amerika Serikat gencar sekali mengkonsep tren hijau, kota Portland Oregon menjadi kota pertama yang fokus pada isu alternatif transit dengan menggunakan sistem kereta api yang dapat mengakomodir penduduknya dengan skala sedang. Disini juga terdapat jaringan jalur sepeda yang luas untuk mendorong masyarakatnya mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Oregon juga berjanji mengurangi emisi dan efek buruk lewat perubahan pembangunan.


3. Curitiba, Brazil

5 Kota Hijau di Dunia

Di kota ini fokus dengan menerapkan keseimbangan ekosistem fauna, dengan taman-taman kota di Curitiba dipenuhi binantang seperti domba dan rusa. Di kota ini memiliki salah satu sistem bus transit terbaik, dimana penumpang dianjurkan mengurangi bahkan tidak menggunakan sama sekali kendaraan pribadi mereka.


4. Malmo, Swedia

5 Kota Hijau di Dunia

Kota ini begitu terkenal karena keberadaan taman-taman yang menjadi ruang hijau kota. Kota Malmo berkonsentrasi pada setiap pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Malmo menjadi salah satu kota yang acapkali menjadi studi banding dalam isu kontemporer masalah perkotaan.


5. Vancouver, Kanada

5 Kota Hijau di Dunia

Sebanyak 90 persen pasokan untuk kebutuhan energi di Vancouver diaktifkan oleh pembangkit listrik tenaga air, angin, surya, gelombang, dan energi pasang surut air laut. Semua energi ini dimaksudkan untuk membangun kota menjadi hijau dan memiliki tujuan untuk generasi yang akan datang.



February 25, 2011

0 komentar:

Post a Comment


loading...