Cara Memasukkan Blog Ke Search Engine Google

Cara Memasukkan Blog Ke Search Engine Google
Memasukkan Blog ke Search Engine Google artinya mendaftarkan blog Anda agar masuk ke dalam database Google. Apakah harus dilakukan? Sebetulnya cara ini optional, tidak dikerjakan pun tidak mengapa, blog Anda tetap bisa masuk ke database Google tersebut, mengapa ini bisa terjadi? Karena Google tersebut mempunyai apa yang disebut dengan robot crawler (robot penjelajah) yang berkeliaran terus menerus. 

Misalnya Robot sedang masuk ke blog saya, lalu menemukan LINK ke blog Anda dari blog saya maka robot itupun akan otomatis mengindex atau memasaukkan blog Anda ke dalam database mereka. Namun jika Anda tidak ingin menunggu robot masuk ke website Anda dari pintu masuk blog lain secara otomatis maka Anda boleh mendaftarkan blog Anda ke Search Engine Google tersebut secara manual. Bagaiamana caranya? Sangat sederhana, mari kita bahas.


Setelah sampai disana, Anda akan menemukan layar untuk memasukkan blog Anda. Perhatikan isian untuk masing-masing kotak tersebut.

URL: Masukkan URL blog anda

Isi dengan blog anda misalnya http://syafarmapalang.blogspot.com

Comments: …

Isi komentar singkat tentang blog Anda misalnya Rahasia Search Engine. ISi dengan judul blog Anda ya, yang satu ini hanyalah contoh dari saya saja.

Lalu akan ada kotak dengan gambar bertuliskan kata acak. Anda masukkan ke dalam kotak di bawahnya.

Kemudian yang terakhir klik pada tombol Add URL

Jika Anda berhasil maka Anda akan mendapatkan pesan seperti ini: 


Thank you

Your site URL has been successfully added to our list of URLs to crawl. Please note that we do not add all submitted URLs to our index, and we cannot make any predictions or guarantees about when or if they will appear.

Sesuai dengan kata Google tersebut mereka tidak berjanji 100 persen akan menambahkan semua URL yang dimasukkan ke database mereka, dan mereka juga tidak memberikan prediksi atau menggaransi tentang kapan website Anda akan muncul di hasil pencarian. Seperti itulah Google, tidak mau berjanji pasti, hehe.. Namun demikian secara rata-rata, setidaknya yang sering saya alami maka blog akan muncul dalam waktu beberapa hari. Jika tidak muncul lebih dari seminggu maka Anda boleh saja mengulanginya. Tetapi tidak perlu juga terlalu sering. Cara ngecek apakah blog Anda sudah terdaftar di Google, tinggal masuk lagi ke Google.co.id dan ketikkan blog Anda misalnya ketik: rahasiasearchengine.net

Demikian itu saja cara mendaftarkan blog Anda di search Engine Google. Seperti saya tulis diatas, cara manual ini boleh saja tidak dikerjakan, asalkan blog Anda telah dipromosikan di tempat lain, sehingga robot Google bisa masuk sendiri dan mengindex blog Anda secara otomatis. Dan tentu saja tak ada salahnya lakukan secara manual untuk mempercepat robot itu datang ke blog Anda.



July 07, 2010

0 komentar:

Post a Comment


loading...